Jumat, 21 Juni 2013

Tutorial Lengkap Cara Flash Nokia Dengan Aplikasi J.A.F

Tutorial Lengkap Cara Flash Nokia Dengan Aplikasi J.A.F

Flashing itu apa sih? Flashing dilakukan untuk mengembalikan semua sistem dari ponsel Nokia yang mengalami kerusakan ke keadaan awal atau settingan pabrikan. Cara flash Nokia ini bisa dilakukan kalo Anda malas untuk melakukan flashing pada teknisi yang memiliki peralatan sedemikaian rupa untuk mengembalikan ponsel Anda menjadi "sehat" kembali.

Sebelum memulai proses flashing, pastikan beberapa aplikasi berikut ini sudah tersedia:

1. Windows Installer 3.1, download disini.

2. Net Framework 2.0, download disini.

3. Navifirm, download disini.

4. Nokia Flash Tools (JAF 1.98.62, Pkey Emulator, Jaf_nok4models.ini File.) download disini.

Instal JAF 1.98.62 dan taruh Pkey Emulator pada desktop Anda.

Sekarang simpan Jaf_nok4models.ini File di direktori c:\program files\ODEON\JAF\ dan gantikan file yang berada pada folder ini dengan file yang baru Anda tempatkan tadi.

Install Nokia PC Suite jika Anda belum menginstalnya pada komputer Anda.

Tehnik Flashing Memakai Aplikasi J.A.F

JAF akan memuat file dari disk C Anda, maka Anda harus mengkopi firmware ke C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products\RM-356. RM-356 di sini merupakan salah satu contoh nomor RM yang berada pada ponsel Anda. Anda bisa melihatnya dengan menghubungi nomor *#0000# atau Anda bisa melihatnya pada balik baterai Anda.

Koneksikan ponsel Anda dengan PC Suite Mode.

Lalu buka OGM_JAF_PKEY_EMULATOR_v3.exe dari desktop Anda.

Setelah Anda membuka software JAF PKEY, maka klik tombol GO, jangan sekali-kali melakukan perubahan.

Setelah Anda klik tombol GO, Anda nantinya akan melihat Error box yang berisikan informasi BOX DRIVER NOT ISTALLED, jangan panik Anda hanya tinggal klik tombol OK.

Sekarang Anda tinggal klik pada BB5 tab dan untick CRT 308 dan berikan centang pada Manual Flash, Dead USB, Use INI dan tunggu hingga 20 detik.

Pilih tipe model ponsel Anda, dan klik OK.

Anda akan melihat MCU, PPM, CNT, APE akan menampilkan warna hijau. Namun pada beberapa tipe ponsel Symbian, warna hijau tidak akan nampak, namun jangan khawatir jika Anda menemukan kondisi seperti ini, lanjutkan ke langkah berikutnya. Koneksikan ponsel Anda dan masuk ke dalam kartu memori Anda dan hapus keempat folder sys, system, resources dan private pada kartu memori Anda.

Matikan ponsel Anda, lalu klik tombol flash. Setelahnya tekan tombol power selama 2 detik namun jangan di tahan dan JAF akan memulai untuk melakukan flash pada ponsel Anda. Jika JAF tidak mendeteksi ponsel Anda, maka terus coba hingga JAF ini mendeteksi ponsel Anda. Setelah proses flashing selesai, ponsel akan secara otomatis melakukan restart.

Dan ketika ponsel Anda menyala, maka ponsel Anda telah kembali ke pengaturan awal. Anda tidak bisa melakukan downgrade ponsel Anda dari versi baru menuju ke versi lama, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada ponsel Anda. Apabila ponsel Anda mengalami gangguan atau error pada saat melakukan flashing, maka Anda harus mengulang proses flashing lagi. Setelah proses flashing selesai, lakukan hard reset dengan menggunakan kode *#7370#.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar